Rabu, 25 Juni 2014

Mengatasi Mouse dan Keyboard Yang Tidak Dapat Terdeteksi Oleh Mainboard/motherboard

Mouse dan Keyboard
       Mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse? jawabannya adalah karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus. Selain itu, kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus.

       Keyboard (Papan ketik) komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

LANGSUNG KE PERMASALAHAN

        Sebenernya ini adalah pemasalahan yang mungkin sudah lama di temukan solusinya tapi saya hanya sekedar ingin memberikan informasi ini untuk yg belum mengetahui.  :)

     Ketika keyboard dan mouse tidak dapat berfungsi dengan benar, maka  ada beberapa kemungkinan masalah diantaranya :
 1. Mouse / keyboard tidak terpasang dengan benar pada komputer.
 2. Port mouse / keyboard bermasalah.
 3. Kabel Mouse / keyboard ada yang terputus (NON NIRKABEL).
 4. Sistem Membutuhkan Driver khusus  jika mengunakan mouse/keyboard produk terbaru.

     Ketika saya menggunakan komputer  pada saat saya ingin menggunakan mouse dan keyboard, nah  kenapa kok mouse dan keyboardnya tidak berfungsi. saya cek, yang pertama  saya cek apakah keyboard dan mouse terhubung dengan komputer atau tidak. dan ternyata terhubung. kalau terhubung kenapa masih belum berfungsi dengan benar, lalu saya kembali ke solusi selanjutnya.  di sini saya kebetulan masih menggunakan mouse dan keyboard dengan port jenis PS/2.




     Setelah di selidiki ternyata pengguna sebelumnya melepaskan port mouse dan keyboard yang terhubung dengan motherboard secara langsung ketika komputer masih dalam keadaan menyala..
dan solusinya adalah :

Untuk menyambung atau untuk mencabut mouse/keyboard PS/2 Port dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Mematikan komputer (shutdown).
  2. Mencolokkan perangkat ke port yang benar. Pastikan bahwa steker didorong aman ke konektor di komputer.
  3. Hidupkan ulang komputer. sistem oprasi mendeteksi perubahan, dan kemudian menginstal pengandar pada port yang baru secara otomatis.
dan akhirnya keyboard dan mouse berfungsi dengan normal kembali.

dan apabila ada juga yang memiliki masalah seperti saya, namun dengan langkah di atas masih belum bisa juga , coba ikuti langkah berikut :

     Jika masalah terus terjadi, coba menyambung keyboard ke komputer yang berbeda.
Jika keyboard /mouse berfungsi dengan benar di komputer yang berbeda, port pada motherboard di komputer sebelumnya mungkin rusak. Jika hal ini terjadi, hubungi produsen komputer Anda untuk menanyakan tentang cara memperbaiki atau mengganti port rusak.
     Jika keyboard / mouse tidak berfungsi dengan benar di komputer lain, keyboard /mouse mungkin rusak. Jika demikian, dan garansi mouse/keyboard masih berlaku, Anda dapat menukar keyboard / mouse yang rusak itu untuk keyboard / mouse yang baru.






          Personal System/2 adalah Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut salah satu jenis port atau konektor untuk keyboard dan maouse. Port PS/2 berarti port yang biasanya terdapat pada panel belakang motherboar, yang digunakan untuk tempat sambungan atau hubungan den Save gan keyboard/mouse yang menggunakan konektor tipe PS/2. Port PS/2 untuk keyboard biasanya berwarna ungu, sedangkan port PS/2 untuk mouse biasanya berwarna hijau. kedua port ini berbeda fungsi walaupun tampaknya seakan-akan sama, yaitu ukuran/dimensinya sama dan memiliki jumlah lubang pin yang sama. Keduanya tidak saling kompatibel, artinya port PS/2 untuk keyboard tidak boleh digunakan untuk mouse, dan port untuk mouse juga tidak boleh digunakan untuk keyboard, sebab keduanya memilik set perintah yang berbeda. Sebenarnya, istilah PS/2 berasal dari nama suatu seri koputer PC, yaitu IBM Personal System/2 yang diperkenalkan pada tahun 1987.


CMIIW
Sekian postingan kali ini
sampai jumpa di postingan berikutnya

SAYONARA

5 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual Mouse Wireless Logitech

    Mouse Wireless M280
    Price Rp 174.000

    SPESIFIKASI
    Teknologi sensor : Logitech Advanced Optical Tracking
    Resolusi : 1000 dpi
    Baterai : 1 AA
    Jumlah tombol : 3
    Scroll Wheel : Ya
    Fungsi tilt : Tidak
    Unifying-ready mouse : Ya
    Unifying-ready receiver : Tidak
    Jarak pengoperasian wireless : maksimal 25m*
    Sistem wireless : Konektivitas Advanced 2.4 GHz Wireless
    Antarmuka koneksi : Receiver USB
    Sistem Operasi yang kompatibel : Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Mac OS 10.+, Chrome OS, Linux Kernel 2.6+

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya


    Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. gan,, di ane jga gitu tapi pas main game mouse ama keyboard nya gk mau bergerak sama sekali,,, padahal laser mouse n led keyboard masih nyala tapi pas di pencet capslock nya led nya gkk mau nyala,,apa harus di uninstall dlu driver key/mouse nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau mouse dan keyboardnya menggunakan port apa?
      Jika menggunakan port usb. Silahkan coba menggunakan keyboard dan mouse yang lain. Jika bisa dugunakan maka ada kemungkinan mouse dan keyboard yang anda gunakan rusak.
      Namun dalam beberapa kasus ada mouse dan keyboard yang membutuhkan driver khusus. Biasanya hal ini ditemukan pada sistem operasi windows Xp sp3 kebawah. ^^

      Hapus
  3. apakah ada pengaruh terhadap kerusakan mouse dan keyboard jika sering dipakai untuk main game seperti GTA. masalahnya keyboard ane sering dimainkan anak-anak untuk main game yang lumayan keras.

    BalasHapus
  4. kualitas perangkat tergantung harga, mungkin beberapa perangkat mouse dan keyboard aman selama pemakaian normal, dan game tersebut sepertinya tidak terlalu ekstrem penggunaan nya

    BalasHapus